Selasa, 07 Februari 2017

Menjelajah Objek Wisata Bersama Finspi Di Kepulauan Banda Neira

Banda Neira

Jalan-jalan ke daerah timur Indonesia mungkin bisa jadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi sahabat pecinta alam. Banyak tempat-tempat yang layak untuk diexplore untuk bisa mendapatkan pengalaman berharga dalam menungunjungi objek wisata yang indah sekaligus eksotis, seperti beberapa tempat yang ada di Kepulauan Banda Neira.
 
Pernah mendengar Kepulauan Banda Neira? jika belum, kami akan membagikan sedikit cerita mengenai pulau ini yang diambil dari perjalanan wisata situs Finspi yang dikenal sebagai situs yang menyediakan info menari dan juga gambar lucu. Mau tahu ceritanya seperti apa? Yuk ikuti langsung kisahnya dalam artikel ini hingga akhir.
 
Mengenal Lebih Dekat Kepulauan Banda Neira
Namanya kepulauan sudah pasti terdiri dari beberapa wilayah, seperti halnya Kepulauan Banda Neira yang terdiri dari 6 wilayah bagian atau desa yaitu Tanah Rata, Rajawali, Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka dan Nusantara. Banda Neira sendiri merupakan kepulauan yang termasuk dalam kabupaten Maluku Tengah.
 
Wah, dilihat dari nama-nama desanya, terdengar unik ya…?! Lalu, ada hal menarik apa saja disini?
 
Seperti kebanyakan pulau di daerah timur Indonesia yang terkenal dengan pantainya yang indah, di Kepulauan Banda Neira juga terdapat pantai yang mendunia karena keindahannya, tidak hanya itu, pada beberapa tempat wisata, ada juga yang menyuguhkan bangunan sisa peninggalan jaman dulu.
 
Jadi, ceitanya dulu pada abad ke-19, Banda Neira ini pernah menjadi wilayah jajahan Belanda karena merupakan salah satu penghasil rempah-rempah. Ya, itulah sebabnya Belanda menjadikan wilayah ini sebagai wilayah rebutan untuk dikuasai sekaligus diambil hasil alamnya. Sisa-sisa penjajahan Belanda masih bisa dilihat di Banda Neira. Salah satu buktinya adalah adanya bangunan Benteng Belgica yang berdiri kokoh dan bisa dilihat hingga saat ini.
 
Objek Wisata Benteng Belgica Yang Indah
Sejauh mata memandang tempat ini memberi kesan yang mendalam. Kemegahan Benteng Belgica yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1611 masih bisa dirasakan karena bangunannya secara keseluruhan masih bagus dan kokoh.
 
Benteng Belgica sengaja dibuat oleh Gubernur Jenderal Pieter Both untuk mencegah dan sebagai perlindungan dari serangan rakyat Neira pada jaman dulu. Selain tempat pertahanan, Benteng Belgica juga digunakan untuk tempat pengawasan kapal yang melalui 

Banda Neira.
Pengunjung yang datang ke Benteng Belgica, bisa melakukan napak tilas sambil belajar sejarah. Dan tentu saja, bisa menikmati keindahan bangunan Benteng Belgica sambil berfoto ria. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Benteng Belgica adalah sore hari karena pada waktu ini, suasananya sangat nyaman dan efek senja bisa jadi latar yang indah saat mengambil foto.

Selain Benteng Belgica, ada beberapa tempat menarik lainnya juga yang bisa dikunjungi seperti Benteng Holandia, Monumen Perigi Rante, Gereja Elim Tabernakel, Tempat Pengasingan Moh.Hatta, Laut Pulau Hatta, Istana Mini Banda Neira dan Gunung Api Banda Neira.

Artikel Terkait

Menjelajah Objek Wisata Bersama Finspi Di Kepulauan Banda Neira
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email